Kunjungan industri yang dilakukan ke PT. PAL Surabaya ini bertujuan untuk memberikan wawasan baru bagi siswa program keahlian teknik pemesinan tentang pengkajian dan penerapan transfer teknologi industri di dunia perkapalan di PT PAL Surabaya, baik dalam hal manajemen, proses produksi maupun hasil industri perkapalan tersebut. Kunjungan industri ini berlangsung dari tanggal 09-11 Oktober 2019 dengan peserta sebanyak 3 kelas XI program keahlian teknik pemesinan SMK N 1 Windusari.

Foto Bersama di PT PAL

Kunjungan industri dimulai dengan kunjungan ke PT. PAL Surabaya pada tanggal 10 Oktober 2019 pada pukul 10.00-13.30 WIB. Rombongan kunjungan industri tiba di PT.PAL Surabaya pada pukul 10.00, kemudian dipandu oleh karyawan PT. PAL Surabaya. Sebelum menerima materi terlebih dahulu dilakukan pengenalan di dalam bus masing-masing kelas oleh pemateri dari perusahaan. Materi yang disampaikan oleh manajer Humas PT. PAL Surabaya antara lain tentang profil perusahaan, filosofi, dan metode penguasaan teknologi, kompetensi, potensial market, peningkatan kompetensi serta daya saing.

Setelah dilakukan pengenalan dan penjelasan, selanjutnya diadakan tur perusahaan. Pada pukul 10.30 siswa diajak untuk berkeliling melihat proses produksi pembuatan kapal dengan didampingi langsung oleh senior manajer resiko dan legal di PT. PAL Surabaya. Penyampaian dan penjelasan mengenai proses pembuatan dan jenis-jenis kapal baik yang diproduksi maupun yang sedang dirawat dilakukan oleh manajer humas PT. PAL Surabaya. Selama perjalanan tur perusahaan menggunakan bus, siswa dapat melihat area sekitar yang dilewati oleh bus, hingga kapal-kapal yang sedang dirawat.

Contoh Produk PT PAL

Selesai kegiatan tur perusahaan, kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara siswa dengan senior manajer PT. PAL Surabaya. Kegiatan kunjungan industri ditutup dengan pemberian kenang-kenangan, dan juga sesi foto bersama siswa kelas XI program keahlian teknik pemesinan SMK N 1 Windusari, guru pendamping dan karyawan PT PAL Surabaya. Kunjungan industri selesai kemudian dilanjutkan dengan studi wisata ke kota Batu, Jawa Timur tepatnya yaitu di Jatim Park. Para peserta diberikan kesempatan untuk berwisata sambil belajar dan menghilangkan penat selama perjalanan jauh.

Studi Wisata di Jatim Park

Dari pelaksanaan kegiatan kunjungan industri tersebut, diharapkan peserta dapat memperoleh wawasan baru, menambah pengalaman dan ilmu mengenai perkembangan teknologi khususnya yang berkaitan dengan teknik pemesinan di industri pembuatan kapal. Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswa untuk mengembangkan pola pikir, kreativitas, dan semangat belajar.